Supported by Blogaul

17 April 2012

Belajar Dasar Teknik Motret Siluet


Sekarang saya share tentang bagaimana Belajar Dasar Teknik Motret Siluet. Bagi yang belum tau apa itu Siluet ?. Nie penjelasan nya : Siluet adalah foto dengan objek utama  gelap total dengan bagian background yang terang, sehingga yang terlihat adalah bentuk dari objek utama. 

Jadi mari kita belajar dasar teknik motret Siluet, dan ikiti langkah nya :

1. Matikan Flash
Jadi yang pertama dilakukan adalah mematikan Flash kalau tidak siluet tidak akan dapat karena objek pertama yang terang

2. Cari Kondisi Pencahayaan yang tepat (backlight)
Untuk menghasilkan Siluet, Background anda harus lebih terang dibandingkan dengan objek utama. Maka anda harus motret siluet saat Sunset atau Sunrise atau pada saat matahari terbit dan tenggelam, intinya dimana matahari sebagai sumber cahaya ada di belakan objek yang utama (backlighting).Foto Siluet dapat di dapat di mana saja tapi ingat dasar dari siluet adalah objek yang gela dengan background yang lebih terang.

3. Carilah Objek yang bentuknya Unik dan Menarik.
Foto Siluet menonjolkan bentuk objek utama, jadi carilah objek yang unik dan menarik memiliki karakter yang kuat

4.Carilah Background yang tepat
Untuk mendapat siluet anda harus menemukan objek Background yang tepat usahakan backgroun yang terang. Usahakan juga mendapatkan background yang menarik namun tidak ramai sehingga objek utama terlihat menonjol. Seperti langit dan pantai merupakan contoh yang tepat untuk Siluet.

5. Ukur Eksposur dengan Tepat (Manual atau Auto)
Disini anda harus menggunakan Manual Eksposur. Set metering di spot metering, lakukan pengukuran di daerah background yang paling terang. Ubahlah kombinasi aperture dan Shutter Speed sesuai dengan hasil matering anda ( Aperture Besar Untuk Background yang agak kabur dan aperture kecil untuk background yang tajam). Sekarang anda siap membidik dan usakan fokus berada di objek utama.

Untuk Siluet tidak dianjurkan untuk memakai Mode Auto. Karena di Mode manual anda akan mendapatkan gambar yang maksimal dibanding dengan Mode Auto.


0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...