Supported by Blogaul

6 Februari 2012

Kekurangan dan Kelebihan Lensa CANON EF 50mm f/1.8 II

Kekurangan dan kelebihan Lesa CANON EF 50mm f/1.8 II memang wajib di pertanyakan karena lensa CANON EF 50mm f/1.8 II salah stu lensa yang banyak peminatnya mulai dari pemula dan profesional dan khususnya buat pemula dapat di kategorikan lensa favorit. 

jadi tidak ada salah nya saya mengupas sedikit tentang lensa CANON EF 50mm f/1.8 II mengenai kekurangan dan Kelebihan lensa CANON EF 50mm f/1.8 II. 

Sebelum kita bahas kekurang dan kelebihan lensa CANON EF 50mm f/1.8 II tidak ada salahnya kita sedikit banyak tau tentang LENSA, tidak ada salahnya anda membaca uraian dibawah ini apa itu 

lensa Fix dan lensa Zoom : 
Lensa Fix dan Lensa Zoom Bila ditinjau dari desain fokalnya, lensa bisa digolongkan menjadi dua kelompok utama. Yang pertama adalah lensa fix / prime (punya panjang fokal yang tetap) dan kedua adalah lensa zoom / vario (punya panjang fokal yang bisa dirubah). 
Lensa fix punya ukuran yang kecil, dengan sedikit elemen optik dan sesuai namanya, lensa fix hanya memiliki panjang fokal yang tetap. Lensa fix tersedia untuk berbagai macam panjang fokal mulai seperti : 
- Lensa fix wideangle (24mm, 35mm)
- Lensa fix normal (50mm, 60mm) 
- Lensa fix telephoto (85mm, 105mm)

Lensa zoom sendiri memiliki kelebihan dibanding lensa fix yaitu punya rentang fokal yang bisa dirubah, dari fokal terpendek hingga fokal terpanjang. Kemampuan zoom lensa diukur dengan membandingkan fokal terpanjang terhadap fokal terpendeknya, contoh bila lensa zoom 28-280mm maka panjang fokal terpendek adalah 28mm dan fokal terpanjang adalah 280mm, sehingga lensa ini disebut dengan lensa zoom 10x (atau 280 dibagi 28).
Lensa zoom memiliki kelebihan dalam hal kepraktisan karena dengan satu lensa bisa didapat berbagai variasi fokal lensa untuk berbagai kebutuhan fotografi dan perspektif yang diinginkan. Namun dalam hal ketajaman, lensa zoom memang tidak bisa menyamai lensa fix. Hal ini karena rumitnya susunan optik dalam lensa zoom sehingga berpotensi menurunkan ketajaman secara umum. Dalam lensa zoom, ketajaman pada fokal terpanjang dan fokal terpendek umumnya menurun. 

Sekarang anda sudah mengetahui apa itu lensa fix dan lensa Zoom. Jadi, yang kita bahas kali ini adalah lensa Fix yaitu lensa CANON EF 50mm f/1.8 II, tergolong kecil namun mempunyai kekuatan hasil yang cukup tajam. 

Dan berikut adalah uaraian kekurangan dan kelebihan lensa CANON EF 50mm f/1.8 II 

Kekurangan  

Menurut saya pribadi kekurangan dari lensa ini sesuai dengan nama nya fix kamera ini tidak memiliki zoom jadi kekurangan nya memakai lensa ini harus extra, karena kita harus maju mundur demi sebuah angel yang pas. lensa CANON EF 50mm f/1.8 II kurang pas untuk di pake di rungan yang sempit karena lensa ini memiliki panjang 50mm beda dengan lensa standar 18-55mm anda bisa membandingkan panjang lensa hanya beda sedikit dengan 18-55mm hanya kurang 5mm apabila lensa standar 18-55mm dalam posisi Zoom, jadi lensa ini sulit digunakan untuk photobersama di ruang yang sempit. 

AFnya kadang tidak akurat. sehingga sesekali mungkin menggunakan fokus manual..tapi hasil dari lensa ini tidak meragukan, objek terisolasi dengan baik dari background, tentunya dengan bukaan yang pas.

Kelebihan

Tentu kelebihan yang mencolok adalah dari segi harga, lensa CANON EF 50mm f/1.8 II dari harga berkisaran hanya sekitar Rp.800.000 dengan kualitas gambar yang lumayan tajam. 

Karena biasanya bukaan lensa ini sangatlah besar, maka anda dapat memotret dalam keadaan kurang cahaya dengan noise yang sedikit.
Lensa fix terkenal paling tajam disebabkan oleh tidak banyaknya susunan kaca dan tidak mempunyai rentang zoom range seperti lensa zoom
Dengan bukaan yang besar berarti blurry effect, artinya anda bisa memotret dengan menghilangkan “sampah-sampah” objek yang blur oleh jarak kamera ke objek dan jarak objek ke background
Anda dapat mempertegas POI (point of interest), karena dengan leluasa memilih ruang tajam dan ruang blur
Karena bentuknya yang mungil, lensa ini mudah dibawa dan anda tidak perlu keberatan saat membawanya ketika travelling atau menggenggamnya dalam waktu yang lama

Buat Hunting Potrait kamera ini lebih handal dari segi Dof dan bokeh,,,

bisa di gunakan dalam ruangan yang minim cahaya karena dengan bukaan diagfrahma 1,8 lensa ini sanggup mengambil lebih banyak cahaya.


Jadi Buat saya pribadi lensa ini mempunyai banyak kelebihan dari segi harha dan kwalitas, jadi lensa ini wajib dimiliki oleh Photografer pemula karena dari segi Budget tidak terlalu menguras isi kantong dan ternyata lensa ini sanggup menghipnotis pecinta photography untuk wajib memiliki nya..

hanya sekedar berbagi informasi,,,semoga ini Bermanfaat...sukses buat anda

3 komentar:

  • E-diary says:
    21 Maret 2012 21.24

    infonya ciamik

  • Anonim says:
    26 September 2012 03.01

    Artikel yang bagus .. Betul hampir semua nubi selalu memiliki lensa ini. Kualitas memang sangat muantap. Tapi tak ada gading yang tak retak. Sebuah kelemahan yang hanya bisa dilihat oleh "mata elang"
    Bisa dilihat pada gambar sebelah kanan .. effect blur yang dihasilkan oleh lensa ini dibanding yang lebih mahal.
    http://media.the-digital-picture.com/Images/Other/Canon-50mm-Lens-Bokeh-Comparison.jpg

  • DROID INDONESIA says:
    18 Desember 2013 19.37

    makasih infonya, salam kenal ya dari saya :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...